Jenis-jenis Fotografi

Posted on

Fotografi semakin dipermudah dengan mode-mode serba otomatis dengan sentuhan teknologi digital, fitur-fitur canggih disematkan pada telpon genggam sehingga bisa digunakan siapapun dan mendongkrak manusia untuk menyalurkan kreatifitasnya melalui fotografi hingga munculnya genre-genre fotografi yang baru seperti fotografi lanskap, fashion, travel, dokumenter dan yang lainnya. Namun dari banyak genre fotografi yang ada, jika dilihat dari tujuannya, fotografi memiliki tiga jenis.

 
Pertama adalah fotografi advertising, yaitu memotret yang tujuannya berkaitan dengan keperluan display periklanan sebuah produk atau destinasi wisata.

 

Lalu yang kedua adalah fotografi dokumenter yang tujuannya mendokumentasikan kegiatan atau peristiwa untuk keperluan pengarsipan, artinya fotografi dokumenter tidak disebarluaskan tapi digunakan sebagai arsip, bisa arsip pribadi atau lembaga, dipajang di museum atau untuk meneliti dan memverifikasi suatu peristiwa atau kejadian.

 

Kemudian yang terakhir adalah fotografi jurnalistik yang bertujuan menyampaikan pesan kepada khalayak, dikemas dengan unsur fotografi, didapat dengan melakukan proses pencarian, pengolahan, penulisan dan penyebaran data yang terdiri dari unsur 5W+1H (Who, What, Where, When, Why dan How).

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz