Kelebihan Kamera Analog dibandingkan Kamera Digital

Posted on

Pada zaman serba modern sekarang ini, ternyata masih banyak orang yang suka sama barang vintage yah, termasuk kamera. Siapa nih yang masih nyimpen barang antik satu ini? Apa jangan-jangan masih ada yang pake sampe sekarang? Ya gapapa sih. Karena ternyata dibalik fiturnya yang serba manual, kamera analog memiliki beberapa kelebihan loh. Apa aja? Yuk, langsung aja kita bahas!

  1. Resolusi Besar

Mungkin belum banyak yang tau kelebihan yang satu ini. Kamera analog tidak dibatasi dengan besaran resolusi pada kamera seperti kamera digital. Jika kalian mencetak foto melebihi resolusi foto yang kalian jepret dengan kamera digital, maka hasilnya foto menjadi blur. Nah, kamera analog tidak mengenal batasan resolusi. Kalian bisa cetak hasil foto sebesar yang kalian mau.

  1. Hemat Baterai

Kalian pasti pernah kehabisan daya baterai kamera disaat waktu yang tidak tepat. Apalagi jika tidak membawa baterai cadangan dan lagi hunting sendirian, wah perasaan kacau ga karuan. Beda halnya dengan kamera analog. Kamera ini tidak memerlukan daya baterai seperti kamera digital yang semua fiturnya memerlukan baterai. Pada kamera analog, baterai baru digunakaan saat mengaktifkan exposure dan light meter.

  1. Tahan Lama dan Tahan Banting

Banyak sekali komponen elektronik yang terdapat pada kamera digital. Sehingga kita dituntut untuk lebih hati-hati dalam menggunakannya. Mungkin sering terjadi kejadian yang tidak sengaja seperti kamera terjatuh, tergores, terkena air sehingga menjadi mudah rusak. Sedangkan, komponen pada kamera analog lebih kuat, awet, dan tahan banting.

  1. Tidak ada noise

Salah satu pengganggu pada kamera digital adalah noise yang muncul waktu menggunakan ISO tinggi. Tidak ada noise pada kamera analog, tetapi ada grain yang hampir mirip dengan noise yaitu bintik-bintik yang diakibatkan sensitifitas emulsi film setelah proses cuci cetak. Tetapi ini biasanya dianggap sebagai estetika loh. Bener ga?

  1. Warna Foto yang Vivid

Warna dari hasil foto kamera analog itu unik, warna vivid yang memiliki arti mencolok atau sangat cerah sehingga sangat eye catching karena kamera analog dapat menangkap sinar pada objek apa adanya.

  1. Bobot lebih ringan

Pasti pada tau kan kalo body kamera digital itu kebanyakan lebih besar dan berat? Apalagi kamera DSLR, ini disebabkan oleh adanya cermin dan prisma yang cukup memakan ruang. Berbeda dengan kamera analog yang cukup ringan dibawa karena komponen kamera ini sendiri yang tidak sebanyak kamera digital.

  1. Melatih Insting

Terakhir nih, kalau kelebihan yang satu ini lebih kepada penggunanya sendiri sih ya. Kita harus sangat berhati-hati dalam memotret dan menggunakan insting kita dalam menghitung momen karena tidak ada fitur hapus foto yang biasa kita temukan di kamera digital.

Nah itu dia beberapa kelebihan kamera analog yang tidak dimiliki kamera digital. Tertarik untuk menggunakannya? Atau malah jadi kangen momen-momen lawas bersama kamera satu ini?

Tulisan oleh : Fiqi Ramades

picture source : pexels.com

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz