Ada Berkah Dibalik Corona

Pandemi COVID-19 atau virus corona semakin lama semakin menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. COVID-19 adalah penyakit yang ditimbulkan oleh infeksi virus corona baru atau SARS-CoV-2 yang berasal dari keluarga corona, beberapa tipe corona virus dapat menginfeksi manusia dan dapat menyebabkan penyakit mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti gangguan pernafasan.

Pemerintah Indonesia melakukan berbagai kebijakan terkait pencegahan virus corona yang mulai masuk ke Indonesia, salah satunya imbauan membatasi interaksi sosial seperti bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Tentu banyak pihak dapat dampak dari pandemi ini, salah satunya Zaki (18), santri yang sekarang menginjak kelas 6 Tarbiyyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah di pondok pesantren Al-Basyariah.

Zaki yang sudah terbiasa jauh dari rumah untuk mengenyam pendidikan sebagai santri. Ia harus membiasakan diri beraktivitas di rumah karena pondok pesantren Al-Basyariah tempatnya belajar terpaksa meliburkan seluruh santri dan memulangkannya ke rumah masing-masing guna mengantisipasi penyebaran virus corona ini.

Ada dampak positif maupun negatif yang dirasakan oleh Zaki, dampak negatifnya karena proses belajar online dan berkomunikasi lewat aplikasi dirasa kurang maksimal, tapi ada hal positif yang Zaki syukuri yaitu ketika di rumah, Zaki lebih bisa lebih dekat dengan keluarga, bisa membantu pekerjaan orang tua di rumah, atau sekedar rebahan bermain game untuk melepas penat.

Zaki percaya bahwa selalu ada berkah di balik apa yang terjadi, dengan tetap tinggal di rumah akan sangat membantu memutus penyebaran pandemi yang begitu ramai diperbincangkan. Tetap berdoa kepada Sang Pencipta dan berharap keadaan bisa secepatnya kembali ke sedia kala. PHOTO’S SPEAK / Ridwan Firdaus

 

551

Muhamad Ridwan Firdaus
Muhamad Ridwan Firdaus lahir : Cimahi, 17 Agustus 1996 Alamat : Jl. Budhi Cilember, No.35, Rt 2 / Rw 4, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung.