Belajar #MAMPRANGS bersama Photo’s Speak

Posted on

Berawal dari sebuah perkumpulan beberapa mahasiswa yang berasal dari jurusan Jurnalistik yang menamai diri sebagai KME (Komunitas Mahasiswa Ekologi) dan mengadakan obrolan-obrolan kecil mengenai hobi mereka yaitu “fotografi”, kesamaan hobi yang mereka miliki harus memiliki semacam wadah untuk menyalurkan dan menghasilkan karya-karya mereka, maka pada tanggal 16 November 2011 terbentuklah sebuah komunitas fotografi yang bernama Photo’s Speak yang digawangi oleh Fajri cs.

Mengapa dinamai Photo’s Speak atau foto yang berbicara? Karena didalam komunitas ini lebih mengedepankan tentang foto jurnalistik, sedangkan maksud dari foto yang berbicara adalah setiap foto memiliki arti dan makna tersendiri

Pada tangal 28 Februari 2012 Photo’s Speak mengadakan sebuah pameran foto yang diselenggarakan di taman kampus UIN SGD Bandung selama satu minggu dan ini merupakan pameran foto yang pertama kali diadakan di kampus. Foto-foto yang dipamerkan berasal dari jepretan mahasiswa Jurnalistik baik itu anggota Photo’s Speak maupun bukan anggota. Di acara pameran foto ini pun tidak hanya sekedar memajang foto, namun ada pula acara diskusi foto dan bedah film. Pameran foto perdana ini berlangsung sukses dan mendapatkan apresiasi tinggi dari Rektor serta mendapat banyak sorotan positif dari berbagai media cetak lokal.

Foto dari salah satu media cetak mengenai Pameran Foto 2012 Photo’s Speak

Kegiatan rutin yang dilakukan Photo’s Speak yaitu melakukan hunting foto bersama, diskusi foto yang biasa dikenal dengan istilah NGOPI (Ngobrolin Fotografi) dengan pemateri fotografer dari berbagai media cetak.

Irfan Al-Faritsi Guru Besar Photo’s Speak, Fotografer Harian Seputar Indonesia (SINDO) Jabar.

Diskusi Fotografi bersamaFotografer Antara biro Jabar, Agus “Bebeng” Hadyana (2/11/2012). (Zot)

Komunitas Photo’s Speak. Diskusi rutin yang dilakukan Photo’s Speak diselenggarakan di kampus
UIN Bandung, Jl A.H Nasution, Bandung, Selasa (06/11). Komunitas yang bergerak di bidang
fotografi jurnalistik ini kerap melakukan diskusi tersebut setiap minggunya. (Amri)

Ini kami gerombolan-gerombolan yang selalu berkarya
Tanpa menjadikan keterbatasan sebagai alasan
Ini kami gerombolan-gerombolan yang akan semakin #MAMPRANGS

Sumber : http://tehangatsekali.blogspot.co.id/2013/02/belajar-mamprangs-bersama-photos-speak.html?m=1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *