Ngertakeun Bumi Lamba Ditengah Pandemi

Indonesia dikenal kaya akan adat istiadatnya. Setiap daerah memiliki tradisi yang beragam. Salah satunya adalah upacara Ngertakeun Bumi Lamba di Gunung Tangkuban Parahu, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Ngertakeun Bumi Lamba merupakan amanat Prabu Siliwangi untuk merawat bumi. Digelar setiap bulan kapitu dalam kalender sunda. Bertepatan dengan kembalinya perjalanan matahari dari utara menuju selatan.
Adanya pandemi COVID-19 membuat ritual kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya, peserta Dari luar Jawa Barat hanya bisa mengikuti acara secara virtual karena jumlah peserta yang dibatasi. Meskipun begitu, upacara adat ini tetap berjalan dengan khidmat.
Puncak dari upacara adat ini adalah melempar sesajen sebagai media sembah kepada sang pencipta. Bagi sunda wiwitan bermakna sastra, pujian, pemujaan, tentang bagaimana tuhan. Merupakan simbol ungkapan syukur atas nikmat yang didapat serta menjadi pengingat manusia agar senantiasa menjaga bumi dari kerusakan. PHOTO’SSPEAK/ Disan Yudistio
 

564

Disan Yudistio
Disan Yudistio TTL : Sukabumi, 22 januari 2001 Alamat : kp ciemas desa ciemas kec ciemas kab. Sukabumi jawabarat "menyebarkan kebaikan lewat fotografi" Ig : @disan_yudistio